Senin, 15 Juli 2013

Profil Kecamatan Sukakarya


e the author name]
ype the company name]
    

PEMERINTAH KECAMATAN SUKAKARYA
KABUPATEN BEKASI

1.       PROFIL KECAMATAN SUKAKARYA
Kecamatan Sukakarya merupakan kecamatan pemekaran dari wilayah Kecamatan Sukatani yang terdiri dari beberapa desa, yaitu Desa Sukaindah, Sukajadi, Sukakarsa, Sukakarya, Sukalaksana, Sukamakmur dan Sukamurni. Letaknya yang strategis memungkinkan dibangunnya Gedung Pemerintahan Kecamatan berada di wilayah Desa Sukakarya.
 

 Wilayah Kecamatan Sukakarya berbatasan dengan:
a.         Sebelah Utara          : Kecamatan Cabangbungin
b.         Sebelah Selatan       : Kecamatan Sukatani dan Karang Bahagia
c.          Sebelah Timur         : Kecamatan Pebayuran
d.         Sebelah Barat          : Kecamatan Sukawangi  dan Tambelang
Kecamatan Sukakarya dengan luas 4.205 Ha terdiri dari daerah persawahan seluas 3.903 Ha, Pemukiman 223,8 Ha, dan daerah lain seperti pemakaman, perkebunan dan lain-lain seluas 79 Ha. Daerah yang luas tersebut dihuni oleh 58.773 Jiwa yang terdiri dari penduduk laki-laki sebanyak 29.288 Jiwa dan Perempuan sebanyak 29. 485 Jiwa.
Kecamatan Sukakarya dengan iklim curah hujan sebesar 1.114 mm dengan berada di ketinggian 5-10 meter diatas laut dan kelembaban sebesar 65-95 % sangat cocok untuk daerah persawahan, sehingga mata pencaharian penduduknya pun sebagian besar sebagai petani dan buruh tani, selain itu juga ada yang bekerja sebagai PNS, berdagang dan bergerak di bidang jasa, seperti karyawan, tukang jahit, sopir dan lain-lain.
Kependudukan yang masih homogen sehingga tercipta suasana lingkungan yang kondusif dan sifat kegotongroyongan yang masih sangat kental mencerminkan sifat asli masyarakat pedesaan, sesuai dengan ajaran yang dianut sebagian besar masyarakatnya yang 100% beragam Islam, hal ini yang membuat Kecamatan Sukakarya tetap terjaga dalam ikatan persaudaraan.
Selain itu juga Kecamatan Sukakarya yang hanya berjarak 40 KM dari Ibu Kota Kabupaten, 140 KM dari Ibu Kota Propinsi serta hanya berjarak 68 KM dari Ibu Kota Negara, sehingga mobilisasi pembangunan dapat berjalan dengan baik.

2.       VISI DAN MISI KECAMATAN SUKAKARYA
a.         Visi Kecamatan Sukakarya
Mewujudkan Kawasan Pertanian Dengan Kualitas Manusia yang Unggul

b.         Misi Kecamatan Sukakarya
1)       Meningkatkan profesionalisme aparat pemerintah
2)       Meningkatkan kualitas masyarakat

3.       BIDANG PENDIDIKAN
Keberdaan sebuah lembaga pemerintahan harus didukung dari beberapa aspek, diantaranya adalah adanya lembaga pendidikan, di Kecamatan Sukakarya hal pendukung untuk lembaga pendidikan diantaranya yaitu terdiri dari lembaga Pendidikan negeri maupun swasta, yaitu terdiri dari:
a.         Play Group   : 1 Buah
b.         TK                 : 1 Buah
c.          SD/MI           : 26 Buah
d.         SMP/MTs     : 10 Buah
e.         SMA/MA      : 4 Buah

4.       BIDANG KEAMANAN
Lembaga Kemanan merupakan hal yang sangat penting dalam keberadaan sebuah pemerintahan, Kecamatan Sukakarya memiliki beberapa lembaga keamanan untuk menunjang stabilitas masyarakat, diantaranya yaitu:
a.         Tenaga Hansip sebanyak 70 Orang
b.         Pos Siskamling sebanyak 15 Buah
c.          Transtiblinmas sebanyak 4 Orang, dan
d.         Babinkamtibmas sebanyak 7 Orang
Dibawah ini beberapa dokumentasi kegiatan lembaga keamanan (Hansip)





5.       BIDANG KESEHATAN
Untuk menunjang kesehatan masyarakatnya pemerintahan Kecamatan Sukakarya telah memiliki Puskesmas sebanyak 1 Buah, Puskesmas pembantu sebanyak 1 Buah, serta Posyandu sebanyak 51 Buah. Hal tersebut didukung pula dengan tenaga-tenaga kesehatan baik dokter maupun bidan-bidan desa yang siap membantu masyarakat dalam hal kesehatan, selain itu juga telah mulai bermunculan klinik-klinik umum ditengah-tengah masyakat sehingga kesehatan masyarakat tetap terjaga dengan baik dan penanganan kesehatan pun dapat ditangani dengan cepat, sehingga angka kematianpun dapat ditekan, terutama Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI).

6.       BIDANG KEMASYARAKATAN DAN KEAGAMAAN
Dengan sifat masyarakatnya yang homogen dan 100% penduduknya menganut agama Islam sudah barang tentu lembaga kemasyarakatan pun dapat berjalan dengan baik karena didukung oleh tumbuhnya tempat-tempat ibadah yang bukan hanya berfungsi sebagai tempat sholat saja, tetapi jauh dari itu juga berfungsi sebagai tempat musyawarah dan tempat silaturahim. Beberapa tempat ibaadah yang dimiliki yaitu Masjid sebanyak 41 Buah, dan Musholla sebanyak 97 buah.
Selain itu juga peran KUA yang sudah dimiliki oleh Pemerintahan Kecamatan Sukakarya sangat membantu masyarakat terutama dalam hal keagamaan, pendidikan kegamaan non formal, seperti TPQ, Majlis Ta’lim dan lain-lain.
Selain itu juga sebuah lembaga kemasyarakatan yang langsung terjun kemasyarakat seperti PNPM Mandiri Perdesaan sangat membantu masyarakat baik dalam hal perekonomian maupun sarana prasarana desa seperti pembangunan saluran irigasi, jembatan, gedung Paud, talang air dan lain-lain sehingga pembangunan dapat berjalan lancar dan merata sampai kepada masyarakat. Dalam hal ekonomi PNPM Mandiri Perdesaan membantu permodalan dengan suku bunga yang sangat rendah dan persyaratan yang tidak lah rumit memungkinkan dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat terutama menengah ke bawah. Dalam hal pembangunan PNPM Mandiri Perdesaan telah membangun diantaranya:
a.         Tahun 2010
Pada Tahun 2010 PNPM Mandiri Perdesaan telah membantu masyarakat dalam hal permodalan dana bergulir sebesar Rp. 296.875.000, dan membangun prasarana yaitu: Perkerasan Jalan sebanyak 2 Buah, Lenning Saluran Drainase sebanyak 2 Buah, Pembangunan sarana pendidikan 2 buah, Pembangunan Gorong-gorong/Irigasi sebanyak 1 Buah dan Bendungan 1 Buah.
b.         Tahun 2011
Di Tahun 2011 PNPM Mandiri Perdesaan telah membantu masyarakat dalam hal permodalan dana bergulir sebesar Rp. 290.000.000, dan membangun prasarana yaitu: Perkerasan Jalan sebanyak 1 Buah, Lenning Saluran Drainase sebanyak 3 Buah, Pembangunan sarana pendidikan sebanyak 1 Buah, Rabat Beton 1 Buah dan SPAL 1 Buah.
c.          Tahun 2012
Di Tahun 2012 PNPM Mandiri Perdesaan telah membantu masyarakat dalam hal permodalan dana bergulir sebesar Rp. 100.000.000, dan membangun prasarana yaitu: Lenning Saluran Drainase sebanyak 3 Buah, Pembangunan sarana pendidikan sebanyak 2 Buah, Rabat Beton 1 Buah dan Jembatan 1 Buah.

7.       BIDANG KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK)
Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Sukakarya masih terus eksis dan berjalan hal ini menjadi hal dasar bagi kader-kader PKK untuk terus berjuang memperbaiki kesejahteraan keluarga. Eksistensi PKK terbukti dari dokumentasi di bawah ini





8.       MUSRENBANG
Dalam perencanaan pembangunan di Kecamatan Sukakarya berdasarkan Musyawarah, hal ini terbukti dari adanya acara Musrenbang Kecamatan dan Musrenbang Dapil V yang terdiri dari Kecamatan Sukakarya, Cabangbungin, Sukawangi, Kedungwaringin, Pebayuran, Sukatani dan Muara Gembong. Pada acara Musrenbang Dapil V ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Bekasi beserta instansi-instansi terkait dan juga 15 Orang tim Monitoring Musrenbang, selain itu juga hadir masing-masing perwakilan dari 6 Kecamatan yang berada di wilayah Dapil V yang jumlahnya sebanyak 162 Peserta musyawarah. Pada acara ini dibahas Perencanaan Pembangunan Tahun 2014.
1.         Musrenbang Kecamatan Tanggal 09 Februari 2013





2.         Musrenbang Dapil V Tanggal 13 Februari 2013







9.       KEGIATAN PEMBANGUNAN PRASARANA
Sebagian besar wilayah Kecamatan Sukakarya adalah lahan pertanian, maka sudah selayaknya sebagai wilayah agraris memperhatikan bidang agraria terutama prasarana air, pada saat ini telah dilakukan pembangunan-pembangunan prasarana air terutama yaitu peleningan drainase, hal ini tampak pada dokumentasi berikut ini:






1 komentar:

  1. Bidang Olah Raganya ko nggak ada?? agar sedikit bisa meningkatkan kesehatan masyarakat & menjalin silaturahmi.

    BalasHapus